Sabtu, 19 September 2015

 Olahraga Renang

 
Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air. Berenang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga. Berenang dipakai sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air, mencari ikan, mandi, atau melakukan olahraga air.
Berenang untuk keperluan rekreasi dan kompetisi dilakukan di kolam renang. Manusia juga berenang di sungai, danau, dan laut sebagai bentuk rekreasi. Olahraga renang membuat tubuh sehat karena hampir semua otot tubuh dipakai sewaktu berenang.

Jenis dan fungsi perlengkapan renang 

1. BAN
Hasil gambar untuk ban renang
Ban merupakan alat bantu yang wajib dimiliki bagi pemula dalam usahanya belajar berenang serta bisa membantu belajar menyeimbangkan diri di dalam air.
2. Kaca Mata Renang
Hasil gambar untuk kaca mata renang
Kaca mata renang merupakan salah satu aksesoris olahraga yang tidak wajib adanya. Namun meskipun demikian kaca mata renang diharapkan adanya karena berfungsi untuk melindungi mata dari penyakit kuman yang datang dari air di kolam renang tersebut.
3. Kaki Katak
Hasil gambar untuk kaki katak renang
Kaki katak merupakan aksesoris olahraga tingkat lanjut bagi atlet maupun perenang professional yang ingin mempelajari atau ingin memperagakan gaya renang tertentu seperti gaya kupu-kupu, gaya punggung, maupun gaya lainnya.
4. Pakaian Renang
Hasil gambar untuk pakaian renang
Pakaian renang merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perenang baik perenang professional maupun pemula. Pakaian renang berfungsi untuk membantu pergerakan perenang agar lebih mudah menggerakkan dirinya di dalam air. Selain itu dalam aspek kesehatan bisa mencegah pembekuan pada tubuh manusia dan juga mencegah kutu air (kuman) yang masuk kedalam tubuh manusia.
5. Papan Pelampung
Hasil gambar untuk papan pelampung renang
Seperti halnya Ban Pelampung, Papan Pelampung juga cocok untuk pemula bagi yang belum bisa tektik menyeimbangkan badan di permukaan air.
6. Hand Paddles
Sama sepeti Kaki Katak, Hand Paddles juga merupakan aksesoris olehraga tingkt lanjut bagi perenang professional yang berguna untuk memperagakan gaya renang tertentu.
7. Pull Boy
Seperti halnya kacamata renang Pull Boy juga merupakan aksesoris olahraga yang tidak wajib adanya.
8. Penutup Kepala

Hasil gambar untuk penutup kepala renang
Penutup kepala juga demikian merupakan aksesoris yang tidak wajib adanya dan hanya sebagai pelengkap saja. Namun itu menjadi sangat berguna bagi perenang yang tidak ingin rambutnya rusak dimakan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar